Selasa, 15 Februari 2011

leader

what is a leader?
a leader is someone who knows the way, shows the way, and goes the way.
who is the leader?
WE ARE THE LEADER!
(salah satu jargon LKS LIV SMAN 3 Bandung)

Saya koleris-plegmatis, nyaris imbang antara keduanya.
mungkin aneh bagi sebagian orang, karena kedua klasifikasi tersebut bertolak belakang. koleris si egois, dan plegmatis si pendamai. ya, tapi itulah saya.

dan (parahnya) dengan jabatan saya di salah satu badan otonom di FK, saya pernah (atau sering. haha) bertindak seperti diktator. saya buat arahan dengan jelas, bahkan detil teknis, lalu saya berikan ke team work saya. saya hanya monitoring, dan menanyakan apakah ada kendala, kalo ada ya saya bantu sebisa saya, tapi bantuan saya juga (parahnya. haha) hanya berupa arahan. saya ga mau overlap, toh ini pembelajaran buat sang penanggung jawab, saya ga akan mengambil alih tugasnya. baru tahap know and show, nah, goes kalo ada kendala. (oke, saya tahu saya salah)

saya ga suka ada orang yang overlap, walaupun dia sebagai ketua.
contoh organisasi yang baik adalah tubuh kita sendiri.
yang terangkai dengan sempurna dari berbagai sistem organ, sistem organ disusun dari organ-organ yang terkoordinasi, organ pun disusun dari berbagai jaringan yang bekerja sesuai fungsinya, dan SUPER hebatnya lagi, jaringan disusun dari banyak sel yang bekerja mengoptimalkan perannya masing masing. see? subhanallah.
ketika hati mengerjakan pekerjaan jantung dan lambung (kalo bisa), apa jadinya?
ketika sel epitel pipih mengambil alih fungsi sel kuboid, apa jadinya?
ketika seksi konsumsi bekerja sebagai seksi acara, apa jadinya?
terbayang, kan?

hmm.. kembali ke koleris-plegmatis saya
lalu kapan saya plegmatis?
ketika pemimpin saya memberikan arahan yang benar dan jelas,
ketika ada orang koleris lain yang menuntut untuk didengar (maklum, koleris kan egois).
ketika aspirasi saya udah terwakili oleh pendapat temen-temen, saya juga jadi plegmatis. haha

kangen sama sosok pemimpin yang ngasih arahan jelas, mau mendengarkan team work, bertindak sebagai teman, bicara pake hati. sosok yang ga sekadar know the way, tapi juga show and go the way (ini ngomong ke diri sendiri loh).
kayaknya baru th*f*h deh yang kayak gini, tapi th*f*h suka overlap. heuheu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends