Senin, 25 Maret 2013

Rehabilitasi Medik 2#

Alhamdulillah.
Di poliklinik rehabilitasi medik saya ketemu banyak pasien dengan keluhan keterbatasan fungsi tubuh, terutama ekstremitas dan vertebrae. Nah, kami para koas kan ada kewajiban ngisi logbook, jadi ikut observasi dan (kadang) ikut pemeriksaan fisik para pasien, jadi tau siapa nama pasien ini, usianya berapa, rumahnya dimana, keluhannya apa, dan segala hal yang pasien ceritakan ke dokter.

Disini saya tersadar bahwa mama dan papa termasuk orang tua yang sehat, terutama mama. Mama dan papa kelahiran tahun 1959, artinya mereka sekarang udah 54 tahun. Mama masih aktif banget, masih rajin olahraga, ga ada keluhan berarti, gangguan kesehatan mama cuma satu, osteoarthitis (OA), biasanya masyarakat nyebut pengapuran, suatu peristiwa degeneratif, termasuk wajar untuk usia segitu, itu pun ga sampai mengganggu aktivitas. Nah, di poli banyak banget kasus kayak gini di usia 40an, bahkan ada di usia 29 tahun! uwow. Kadang saya suka kaget dalam hati ngeliat pasien yang masih 40an tapi udah keliatan lebih tua, ga nyangka aja.

Alhamdulillah mama masih termasuk oke segar bugar, nih saya mau cerita track record gaya hidup sehat mama. Pertama, mama kegiatannya banyak banget, sangat aktif, she is a super mom! Masak, beberes rumah, belanja, nyuci semuanya beliau yang ngerjain, saya mah bantu-bantu aja, pemeran utamanya tetep mama, hehe. Kedua, beliau rajin olahraga, minimal 2 minggu sekali, tiap selasa dan jumat, secara tuntutan profesi ya, emang diwajibkan olahraga. Ketiga, beliau kerjaannya ngajar, jadi otaknya aktif (?). Keempat, mama makannya bergizi, makannya banyak dan seimbang, hobi sayur yang ijo-ijo, selalu sarapan pagi, ga pernah telat makan. Kalo misalnya lagi banyak banget aktivitas, belaiu makannya juga banyak, jadi menyeimbangi. Kelima, mama banyak minum air putih. banyak bangeeeet. tiap bangun pagi aja sekitar 500-750ml, di kantornya juga banyak minum. Begitulah, alhamdulillah.

Oke, sekian. Stay healthy and happy, friend :)
Nb: jadi inget kata ukhti ****, "Harapanku sebenernya simple, yang penting tetap cantik di usia lanjut." hahaha. Aaamiin, ukh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends