Kamis, 21 Maret 2013

Rehabilitasi Medik 1#

Bismillah
Alhamdulillah :)

Sudah seminggu di stase ini, tapi belum sempat cerita hehe. Sebenernya banyak yang didapet, tapi entah sanggup terceritakan semua atau ngga. Ini akan dicoba, maaf kalo agak random dan loncat-loncat, atau mungkin ntar flight of idea hehe.

Stase rehab medik ini jauh lebih banyak kerjaan dibandingkan stase gilut yang lalu. Inti rehabilitasi medik adalah mengupayakan agar fungsi tubuh pasien seoptimal mungkin, at least bisa hidup mandiri dan masih berpartisipasi di masyarakat. Misal, pasien autis diajar supaya bisa hidup mandiri, anak ADHD supaya bisa berkonsentrasi dan mengontrol hiperaktivitasnya dan mengatur konsentrasinya, pasien post operasi fraktur bisa memulihkan fungsi tubuhnya itu, pasien post stroke bisa jalan dan bicara normal lagi, yang nyeri pinggang bisa mengurangi rasa nyerinya dan beraktivitas seperti biasa lagi, dan contoh-contoh lainnya.

Hari pertama dapet pengarahan dari dr. Yenny, dijelaskan bahwa departemen rehabilitasi medik ini secara umum terdiri dari beberapa bagian yaitu terapi okupasi, terapi wicara, fisioterapi, konsultasi psikologi, dan ortotis-prostetik.

Setelah pengaturan yang cukup rumit haha (kayak main sudoku 17 angka), pue sang sekretaris berhasil membagi tiap anggota stase ini untuk menempati pos masing-masing. Saya bakal cerita apa yang sudah saya lewati selama seminggu ini dulu yah.

Hari pertama dan kedua: Terapi Okupasi (TO) dan Terapi Wicara (TW)
Oke, dua hari tersebut saya lewati bersama pue dan rika. Oiya, untuk terapi wicara ini saya ga bisa cerita hiks, terapisnya kurang terbuka sama koas. hmm. Terapi okupasi ini ada untuk dewasa dan anak. Nah, di TO anak saya ketemu banyak anak ADHD, sebagian kecil pasien autis, ada juga pasien ADD, global development delayed. Tipe anaknya juga beragam, ada yang nangis sepanjang terapi, ada yang diam terus, ada yang mau diajak ngobrol, ada yang cengangas-cengenges. Lucu. Satu poin plus stase rehab medik dibanding stase gilut adalah disini saya bisa lebih banyak berinteraksi dengan pasien dan keluarga. Subhanallah. Salut sama orang tua para pasien anak yang menjalani terapi okupasi, mereka tetap sayang, tetap optimis, tetap bahagia, dan berupaya supaya kualitas hidup anaknya bisa optimal, dari mereka saya belajar sabar dan syukur.
Hal lain saya bisa pelajari dari para pasien terapi okupasi dewasa, ada pasien post op fraktur atau post stroke, dari umur 20an-60an, mereka semangat semuaaaaa :) meskipun masih ada keterbatasan fisik, mereka tetep rajin latian, dan tetep bahagia. Salut juga sih buat keluarga yang selalu mendampingi para pasien, keberadaan mereka begitu berarti buat para pasien.


Hari ketiga dan keempat: Fisioterapi
Nah, fisioterapi ini dibagi lagi jadi tiga spot, ada gymnasium, elektroterapi, dan parafin. Di gymnasiumbanyak banget pasiennyaaaaaaah, mayoritas para usila (usia lanjut). Di gym ada IRR, TENS, paralel, dan static bicycle. Disini saya nemuin para usila yang tetep semangat mau sehat dan bahagia, dan disini juga saya nemuin pasien usila yang sensitif alias mudah tersinggung. Yeah, emang harus lebih berhati-hati dalam bicara dan menjaga perasaan para usila. Alhamdulillah bisa belajar dari pengalaman orang lain, bukan saya yang ngalamin perdebatan yang ngga mengenakkan itu.

Alhamdulillah banyak ketemu pasien anak juga, karena hari Selasa memang khusus anak. Sedih juga sih ngeliat anak-anak atau bahkan bayi dengan parese beberapa nervus atau fraktur, bahkan ada juga yang ALL (salah satu jenis kanker darah), ada yang Bell's Palsy. Insya Allah, mereka tetep bisa berkembang sesuai minat dan bakatnya, kayak di film Taare Zameen Par hehe yang penting ortunya tetep peduli, semangat, dan bersyukur.

Hari kelima dan keenam: Visit pasien dan konsultasi
Huaha! Ini lumayan bikin tepar hahaha. Jadi dokter Sp. RM di RSMH baru ada satu yaitu dr. Jalalin, dan beliau aktif dan lincah banget orangnyaaaah. Tetiba udah di graha, tetiba udah di bangsal, tetiba udah di poli, tetiba udah menghilang, jadi kami para koas harus lebih gesit lagi hahah. Koas dateng jam 7 trus nanya ke bangsal2 ada pasien mau konsul rehab medik ga, terus catet, terus konfirm ke dokternya, terus ikutan dokternya meriksa dan nentuin tatalaksananya. Ini pengalaman visit pertama kali, harus latian nulis cepet haha. Sebenernya pasien yang perlu dikunjungi ga terlalu banyak, cuma kami jadinya banyak berdiri dan jalan. Manteman banyak yang nyeri cangkeng ec kelamaan berdiri haha. Rame dan mengasyikkan!  :)

Besok insya Allah di poli, bismillah. Oiya, hobi saya sekarang olahraga hehe, kemarin selasa sempet renang, rabu jalan cepat. Semoga bisa rutin. :)
Stay healthy and happy, friends :)

2 komentar:

  1. Aku juga pengen bercerita about rehab Medik
    Pusying,, gaa bercerita apa ya,, yang nggak bakal sama dengan Nitak.. -_-

    BalasHapus
  2. Cerita aja rika, meskipun ceritanya mungkin ada yang sama, tapi kan cara berceritanya beda :)

    BalasHapus

friends