Rabu, 09 Januari 2013

Kepribadian dari tulisan

Senin lalu, pukul 07.00 saya mampir ke rumah dr. Tri untuk jadi 'pasien' beliau. Jadi ceritanya beliau lagi ngambil kuliah lagi tentang psikologi, khususnya tentang menilai dan memeperbaiki kepribadian dari tulisan. Ini bukan ilmu ramal atau terawang yang ga jelas gimana, ini ada dasar ilmunya.
Sesungguhnya udah dari tahun lalu (berasa lama) saya mau konsul tentang tulisan ke Bu Nini, dosen psikologi di fakultas saya, tapi Allah belum mengizinkan dan ternyata alhamdulillah bisa konsul gratisan ke dr. Tri. Bwahaha. Personally, saya emang tertarik masalah psikologi kepribadian gini, tapi bukan masalah psikiatri. Beda loh. Hehe. Rasanya seneng aja bisa tau karakter pribadi, kelemahan, dan cara mengatasinya.

Nah, jadi di rumah dr. Tri itu saya disuruh nulis nama, usia, dan jenis kelamin. terus membubuhkan tanda tangan, juga menuliskan apapun yang ingin dituliskan sebanyak 3-10 baris. Menulislah saya. Syalala, bentar aja, ga nyampe tiga menit. Daaaaan langsung diintepretasikan saat itu juga. haha. Perlu diingat, bahwa intepretasi tulisan ini sifatnya temporer dan ga mutlak. Karena tulisan kita dipengaruhi kondisi kita saat melakuakan tes. Bisa berubah, jika ingin. Bisa diperbaiki.

Saya bakal nulisin sebagian intepretasi tullisan dan tanda tangan saya, tapi yang agak negatifnya aja. Biar ga sombong. Haha. Ini dia : Saya orangnya PD alias Percaya Diri (bahkan cenderung terlalu pecaya diri), nyaman dengan diri sendiri, keras (dalam artian kalo udah ada kemauan, susah mengganggu gugatnya, terus kalo berpendapat susah dibantah), susah mendekati dan susah didekati (?).

Nah yang paling disoroti adalah yang terakhir, susah mendekati dan susah didekati. Kalo saya pikir lagi, indeed, saya terlalu nyaman dengan diri sendiri, nyamaaaaan banget. Bahkan masalah kenyamanan ini udah sering saya curhati ke orangtua, kenapa saya begitu nyaman dengan diri sendiri, apakah ini dampak menjadi seorang anak tunggal yang memang ga biasa curhat berbagai hal ke orang lain, ke teman, ke sahabat atau gimana. Negatifnya, saya jadi cenderung ga merasa butuh orang lain atau sahabat yang dekat sedekat-dekatnya. Rasanya lebih nyaman melakukan hal-hal sendiri, saya suka canggung kalo lagi jalan sama temen (apalagi kalo cuma berdua) mau ngobrolin apa aja. Hahahaha. Astagfirullah.

Meskipun begitu, saya tetap punya kehidupan sosial kok. Saya ke kantin (?), bercanda bareng, ngobrol, makan bareng, belanja bareng, belajar bareng, ngaji bareng, nonton bareng. Tapi ada batas yang belum bisa ditembus oleh seorang pun dari sahabat saya.
Yaaa, dari pertemuan dengan dr. Tri ini saya dianjurkan lebih membuka diri, mau mendekat dan mau didekati, dalam konteks sosial. Bahasanyaaa boooow. Wkwkwk. Sesungguhnya masalah ini udah diwanti-wanti sama mama saya, istilah beliau buka jejaring seluas-luasnya dan jalin silaturahim, jangan cuma sekadar kenal lalu lupa, atau yang lainnya. Ya, begitulah. Long life learning, insya Allah saya lagi berproses untuk jadi Anita yang lebih baik. Bismillah.

Oiya, fyi, dari tulisan ini bisa keliatan gimana kita menjalani masa kecil kita, trus kita dominan menyerap nilai dari ayah atau ibu, hubungan kita dengan Tuhan, kecerdasan intelektualitas, kecerdasan emosional, kepemimpinan, and many more. Buat teman-teman di madang dan sekitarnya, langsung aja hubungi dr. Tri, beliau lagi nyari pasien 150 orang tuh, ehehe.

4 komentar:

  1. Jadi mesti ngapain nit? Somehow, saya ngerasa seperti itu juga.... hehehe

    BalasHapus
  2. Sama bagian yang mana? Susah mendekati dan susah didekati? Ntarlah ngobrol langsung. hehe. Insya Allah

    BalasHapus
  3. gratis teh? di madang, dimananya? :D

    BalasHapus

friends