Rabu, 30 Januari 2013

Aga kareba?

Misi ke makassar bareng @kincidinta via HSF belum berhasil haha. Pengerjaan HSF ini (seperti karya-karya lain) begitu diwarnai oleh penundaan-penundaan berkepanjangan dan diselingi ujian, skripsi, dan dilematika pengungsian di Indralaya.

Jujur aja, saya belajar banyak hal sepanjang pengerjaan karya yang judulnya "Potensi Nanokurkumin Terkapsulasi Kitosan sebagai Tatalaksana Preventif Komplikasi Diabetes Mellitus Tipe 2 melalui Penekanan Aktivasi NF-kB" ini. Mulai dari awal yang bingung menentukan topik karena khawatir sama dengan peserta lain, kemudian konsultasi ke dr. Zen Hafy (again) mengenai feasibility biomolekuler hal ini, mencari inspirasi dari kartul finalis SMSO, dari signaling VEGF-1 yang akhirnya fix pake signaling  NF-kB, dari ulkus diabetikus hingga komplikasi DM mikrovaskular. Diluar segala hal tentang ilmu kedokterannya, saya akhirnya tahu apa kekurangan saya dalam menulis kartul ahahaha. Pertama, saya orangnya ga detail dan berpola pikir praktis, jadi ga cocok untuk jadi editor terakhir ahahaha alasan. Kedua, saya biasa menuliskan apa yang ada di pikiran saya dan seringkali bermasalah dengan konsistensi istilah. Hmm. Mengenai motivasi, mungkin motivasi saya yang kurang. Jujur aja, motivasi saya buat kartul-kartul ini sebenarnya sederhana yaitu menuangkan gagasan tertulis yang (siapa tahu) bisa jadi terobosan dalam bidang research dan bermanfaat untuk masyarakat, serta belajar lebih dalam mengenai suatu topik. Ga ada motivasi yang membara untuk menang, mungkin disitu poin minus saya. Karena motivasi untuk menang itu kurang, tentu berpengaruh terhadap usaha untuk mengoptimalkan kualitas kartul. Ahahahaha. Hmmm. Ingat kata seorang sahabat yang ngajak kolaborasi untuk INAMSC, "Aku kalo ikut lomba, harus bagus, harus jadi finalis." Sebenarnya poin yang saya garisbawahi bukan "harus jadi finalis"nya, tapi "harus bagus"nya itu loh. Suatu karya itu harus bagus. Harus bagus. Jangan asal jadi. Disanalah saya sadar, saya ga punya motivasi itu ahahaha. Jazakillah, ukh.

Okelah, selamat berkarya, teman :)
Go for another project!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends