Kamis, 27 Juni 2013

Hello world, sekarang saya lagi di mushola OK, yap, jaga dan menanti subuh.
OK aman tentram hingga maghrib, kemudian 18.30 ada pasien luka bacok (again!) di regio coli, krn itu repair pasien ini dikerjain di OK khawatir mengenai organ penting atau arteri2 besar. Meskipun begitu, pasien ini compos mentis dan KUnya stabil. Operasinya pun ga ada ketegangan gimanaa, bahkan saya masih bisa sms kesana kemari hahaha, sumpah, lebih hectic sms-an sana sini dibanding operasinya. Ckckck.

Alhamdulillah sempet tidur dong jam 22.00 hingga 00.30. Barusan, pkl. 00.30 ada pasien luka tusuk thorax posterior yang menembus hepar segmen 4. Gileee, pisaunya gede, kalo dari arah tusukannya, kemungkinan penusuknya perempuan sih. Hemothorax massive terjadi pada pasien ini, udah terjadi penurunan kesadaran, Airway oke, Breathing bermasalah, Circulation juga bermasalah. Semua orang hebooh, dari koas bedah, residen bedah, koas anestesi, hingga residen anestesi semuanya ga ada yang diem. Pasang IV line, injeksi inilah itulah, donor darah, pasang chest tube, laparotomi, nyiapin hipafix (zzzz, yang terakhir ini peran utama koas) dll. SEMUA ORANG. Operasinya beres jam 03.00.

Terpana.
Mungkin ketika sadar nanti, pasien ini ga pernah tau ada sekumpulan anak manusia yang rela tidurnya terganggu, lari kesana kemari, nyumbangin darahnya, masang hipafix (yak, tetep ini terpenting) dan melakukan segala daya dan upaya yang kami bisa demi dirinya yang bahkan kami ga tau siapa orang ini.
Ya, semoga pasien ini bisa bertahan hidup dan jadi orang (yang lebih) baik.

Dan... *ngeliat jam*... hari ini baru akan dimulai. Hari ini bakal panjang sepertinya, follow up 4 bangsal, menyelesaikan misi pelengkapan tanda tangan ke kk residen, kemudian 3 operasi, 2 presentasi kasus, bimbingan bedah syaraf, (kemungkinan besar di rumah tante bakal ikut sibuk) bikin pempek, dan ke bandara nemuin yusal untuk merepotkannya. Semoga masih bisa compos mentis hingga akhir.
Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends