Sabtu, 22 Juni 2013

Alhamdulillah, mengalami minggu yang penuh dinamika di stase onko.
Hari senin selasa masih syalala di stase onko, meskipun ada satu hari yang salah satu operasinya selesai jam 16.00, tapi masih bisa belajar bareng mentemen stase onko yang alhamdulillah rajin-rajin. Kehectican bermula dari permintaan salah satu konsulen kepada dokter muda stase onko untuk menyiapkan kasus Ca tiroid dan Ca mamma hari rabu lalu untuk dipresentasikan jumat pagi, jengjeng, bertepatan dengan jadwal saya maju presentasi kasus tentang Ca Tiroid juga, tapi jadwal saya siang ba'da jumatan dan dengan konsulen yang berbeda. Nah, berarti ado lokak buat dibimbing sama konsulen di pagi hari. Akhirnya saya cari kasus baru yang sesuai dengan topik diskusi pagi, karena kasus saya sebelumnya ternyata hanya tumor tiroid jinak. Rabu udah dapet pasien, langsung anamnesis, pemeriksaan fisik, dan mendokumentasikan seluruh pemeriksaan penunjang. Malam itu beres, langsung buat status pasien.

Keesokan harinya ngerjain bab tinjauan pustaka, selesai print pkl. 21.00, langsung ke RS buat analisis, menelaah, dan nyiapin ppt kasus bareng temen dan mau minta bimbingan residen tentang hal-hal yang masih membingungkan. Bayangin, bimbingan dengan residen hari jumat pkl. 02.00 hahahaha, residen aja terheran-heran kenapa ada koas serajin ini untuk 'sekadar' diskusi pagi dengan konsulen. Masalahnya ini bukan sekadar diskusi pagi buat saya, tapi kasus ini juga bakal saya presentasiin di hadapan konsulen lain siang harinya dan memengaruhi kelulusan di stase bedah secara general, jadi mesti totalitas. Preet, totalitas tapi menunda-nunda ngerjainnya haha.

Alhamdulillah diskusi pagi berjalan lancar dan dapet beberapa masukan berharga dari konsulen satu, buru-buru weh saya ngedit status pasien kemudian print, kemudian alhamdulillah sempet makan pagi dan siang dalam satu waktu haha. Kemudian pkl. 13.00 presentasi dan alhamdulillah dapet apresiasi baik dari konsulen dua, bahkan nilainya bisa diisi sendiri hehe. Jumat malam tidur dengan nyenyak.

Kemudian tadi siang mendapat kesempatan untuk jadi moderator di presentasi kasus salah satu kakak kelas dengan berbahasa inggris, hahaha, ternyata gitu ya rasanya, enak, learning by doing. Sorenya hadir ke JR tentang Sya'ban sebagai bulan persiapan Ramadhan. Beuh, 2mingguan lagi udah Ramadhan dan masih banyak yang belum dipersiapkan.  Mari-mari bergegas menyiapkan diri.

Oiya, di stase ini saya belajar bahwa kita harus peduli sama kondisi tubuh dan jangan menyepelekan benjolan, sekecil apapun itu. Coba sekarang dicek di tubuh kalian ada benjolan abnormal ga? Kecil atau besar? Sejak kapan? Kalau ada benjolan abnormal di leher, coba pegang sambil menelan, ikut bergerak atau ga? Buat para perempuan, coba cek mamma ada benjolan atau ga? Konsistensinya gimana? Mobile ga? Kalo ada benjolan abnormal di bagian tubuh manapun segera ke poli bedah di RS terdekat ya.
Tolong peduli ya sama perubahan yang terjadi sama tubuh kita, mari mari.

Stay healthy and happy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends