Senin, 25 Februari 2013

Gilut 1#

Bismillah

Hari ini pertama masuk koas stase gigi dan mulut. Kami janjian kumpul di aula RSMH jam 9. Sebelum berangkat saya menyempatkan diri dulu baca tortora bagian anatomi gigi. Review bahwa gigi itu terdiri dari bagian mahkota, leher, dan akar. Kemudian ada ligamentum periodontal. Gigi susu biasanya tumbuh di usia 6 bulan. Yaaa, pokoknya baca yang ringan dan lucu tentang gigi.

Parkir motor masih di kampus kareana belum urus stiker parkir RSMH. Ketemu sebagian temen2 nongkrong disitu ngobrol-ngobrol santai. Pergi ke aulu bareng dilla, udah ada sebagian teman2 disana. Semakin lama aula semakin dipenuhi anak koas 2009 daaaaaaaaaaan mereka semua sibuk belajar atau baca buku gitu! wow! Ada sebagian stase yang memang mengadakan pre-test. Teman2 yang masuk stase mayor sibuk baca buku dan ngobrol persiapan lainnya.

Syalalala, ketujuhbelas (10 angkatan 2009 + 7 angkatan 2008) orang koas stase gilut baru full team pukul 10.00, kemudian kami beramai-ramai menuju poli gigi. Kemudian kami ketemu drg. Budi Asri. Kami diajari bagaimana mengisi status pasien di poli gigi, tentang karies gigi, dan cara sikat gigi yang benar. Pengen share apa yang didapet di poli gigi tadi pagi. Ini dia....

I. Cara mengisi status
  • Lengkapi biodata pasien di form yang sudah ada cap giginya.
  • Angka romawi menunjukkan gigi susu, angka arab menunjukkan gigi permanen.
  • Tandai silang  (X) untuk gigi yang missing/hilang
  • Tandai centang untuk gigi yang masih ada sisa radix
  • Tandai lingkaran kecil untuk gigi yang mengalami caries
  • Arsir lingkaran kecil jika karies sudah ditumpat
  • Lingkaran besar jika gigi belum erupsi
Anamnesis
Tulis keluhan utama (5W+1H) paling awal.
Pemeriksaan intraoral, ekstraoral, dan status lokalis

Pemeriksaan Klinis
1. Perkusi
Fungsinya untuk mengetahui ada periodontitis (inflamasi pada lig. periodontal) atau tidak. Positif (+) jika nyeri. Caranya dengan mengetuk perlahan gigi yang berada di sebelah gigi yang sakut, baru kemudian ketuk gigi yang sakit.

2. Sondasi
Fungsinya untuk mengetahui kedalaman karies dan tes vitalitas. Pakai alat sonde.
Kedalaman kurang dari sama dengan 2mm berarti masih di lapisan email, kalo lebih dari 2mm sudah mencapai lapisan dentin.
(+) berasa nyeri artinya masih vital
(-) tidak nyeri lagi artinya non vital
berdarah --> kemungkinan pulpa polip

3. Palpasi
Fungsinya untuk mengetahio adainflamasi yang ditunjukkan dengan edema, fluktuasi, dan nyeri.

4. CE (Chlor Etil) 
Fungsinya juga untuk cek gigi masih vital atau sudah non vital. Caranya masukkan kapas ke karies atau sementum junction.

Nb : untuk gigi sisa radix ga perlu sondasi atau CE. bekas abses juga ga perlu CE.

II. Penyakit Jaringan Keras Gigi (Caries)
Caries dapat terbentuk karena multifaktor, yaitu :
1. Ada gigi
2. Ada mikroorganisme sekitar 700 jenis mikroorganisme di mulut kita, tapi yang paling sering sih Streptococcus Mutan. 
3. Karbohidrat, mostly Sukrosa
4. Waktu

Inti patofisiologinya adalah.....
Sisa karbohidrat dimetabolisme oleh mikroorganisme sehingga menghasilkan asam, kemudian ditambah asam yang masuk ke mulut melalui makanan yang dikonsumsi (minuman bersoda pHnya rendah loh! waspada) --> demineralisasi lapisan gigi --> white spot (ini masih reversible, masih bisa remineralisasai pake topical aplikasi fluor) --> karies email --> karies dentin --> karies pulpa vital --> karies pulpa non vital --> abses.

Itulah kenapa sebelum tidur alangkah baiknya kita sikat gigi, karena pembentukan asam itu butuh waktu. Jadi kalo sisa karbohidrat itu kita bersihkan segera, insya Allah ga akan terbentuk asam akibat metabolisme kuman. Hmm.

Nah, bicara tentang sikat gigi.. ini susah menjelaskan lewat tulisan hahahaha. Jadi gigi yang buat mengunyah itu disikat horizontal biasa yaa, yang bagian dalam. Nah yang bagian luar tuh, yang bagian depan, itu sebaiknya disikat secara vertikal satu arah, dari atas ke bawah. Jangan dua arah dan horizontal. Hmm yaaa, begitulah. Maaf. Ini beneran pake bahasa saya sendiri, kalo ada yang kompeten kemudian tulisan saya ini ada yang salah, silakan comment dan perbaiki. hehe. Terimakasih.


Oiya, saya inget banget dr. Oz yang biasa tampil di Oprah pernah bilang kalo kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dapat memperpanjang usia kita selama dua tahun! ehehehe. Maksudnya, kita bisa tampak lebih muda dua tahun lebih muda dari usia kita.

Stay healthy, Friends! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends