Jumat, 12 Juli 2013

Bedah #4

Alhamdulillah, horeee :)))
Respiratory rate sudah kembali normal, tidak lagi mengalami Kussmaul Breathing.

Bermula dari jumat lalu yang sudah di-PHP-kan oleh kodik bedah, kata beliau mau bagi penguji hari jumat itulah, tapi semua konsulen lagi pada sibuk operasi rahma-rahmi, alhasil katanya pengumuman penguji diundur minggu. Oke gapapa. Eh gataunya pas minggu pagi dapet jarkom bahwa pembagian penguji diundur senin, wuaa, oke gapapa juga, siangnya hunting pasien untuk status mayor dan minor, alhamdulillah dapet pasien hemorroid sama vulnus scissum. Berdoa siapapun pengujinya, semoga dimudahkan dalam mengahadapi dan menjawab segala pertanyaan. Jreeng! Tibalah hari senin, mulai Kussmaul Breathing haha.
Anita Permatasari dengan penguji dokter ..........., sebut saja Pak Jek. Alhamdulillah, penguji yang bonaaaaam, beliau spesialis ortopedi yang baik hati :)
Laporlah saya ke beliau kalo saya ujian sama beliau, beliau nanya kapan saya mau ujian, saya bilang terserah kapan dokter ada waktunya, terus beliau bilang ya terserah saya kapan maunya, okelah, saya bilang insya Allah kamis. Kemudian saya segera hunting pasien orto, inginnya fraktur femur biasa, yang sederhana, tapi apa daya, ga ada pasien fraktur femur yang belum diintervensi, Alhasil saya ngambil pasien femoral neck fracture yang ada di ROW.

Sebenernya ada sisi positif dan negatif dari dapet penguji bonam. Positifnya, insya Allah kita lulus. Negatifnya, belajarnya mungkin bisa jadi ga seoptimal kalo dapet penguji dubia ad malam karena udah di zona aman. Saya bikin status ga pake konsultasi lagi ke residen, soalnya residen pendampingnya ga antusias dan kayaknya lagi banyak pikiran, Alhamdulillah kamis jadi ujian (dan bisa dibilang ngobrol biasa, karena tanya jawab di ruangan beliau, santai, tanpa tekanan) tapi dapet tugas tambahan bikin makalah tentang status yang saya buat, alhamdulillah beres tadi pagi, dan tadi nilai udah masuk ke staf pengurus nilai, kata mbak sekretarisnya sih aman. Huaaaa, alhamdulillah.

Stase bedah begitu menyenangkan, intinya kalo ada kondisi emergency amankan ABCnya!
Jaga malem di IGD dan OK dapet banyak pengalaman ngelakuin tindakan; di stase bedah saraf saya sadar urgensi pake helm SNI dan berhati-hati dalam berkendara; stase bedah onko bikin saya sadar juga untuk mempedulikan masalah benjolan sekecil apapun itu; di stase bedah anak belajar betapa tanda-tanda obstruksi pada bayi harus diwaspadai dan begitu penting sebelum makin parah dan tahu cara dekompresinya; di stase bedah digestif juga belajar peduli dengan pola defekasi, minum dan diet yang sehat; di stase bedah plastik hmmm.. bersyukur; di stase urologi belajar anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pasang kateter; di stase bedah ortopedi belajar 4R, terapi konservatif dan operatif, daaaaaaaan banyak hal lain yang ga bisa diebutkan satu per satu. Alhamdulillah, semoga berkah.

Stase radiologi sudah menanti, alhamdulillah sudah dibagi konsulen juga, harapan untuk mudik semakin besar karena konsulennya kemungkinan mengizinkan untuk mudik hehe, tapi tetep harus konfirmasi ke beliau sebelum mesen tiket fix. Horeeee :)

Stay healthy and happy, pals!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends