Senin, 13 Juni 2011

daurah da'wah pelajar

ddp. daurah da'wah pelajar. Yaa Allah, kangen bangeeeeeeeeeet. daurah ga tergantikan yang oke banget. daurah terkeren abad 21. ini daurah taun 2009, di masa-masa penantian pengumuman SNMPTN, sebulan jadi pengangguran tanpa status, pelajar bukan, mahasiswa belum. kenapa daurah ini keren?

daurah ini diawali dengan amazing race, perjalanan super dahsyat dari masjid al-kautsar hingga kiara payung dengan rute yang uwow-sangat-keren-dan-menantang.
ada sekitar 4 tim akhwat dan 4 tim ikhwan kalo ga salah, dan kami berlomba-lomba menuju lokasi pembukaan di bumi perkemahan kiara payung, deadlinenya pukul 16.00.

setiap kelompok diberi petunjuk yang berbeda, jadi pas start udah resmi, semua kelompok langsung mencar ke lokasi sesuai petunjuk. di petunjuk itu ada lokasi yang nantinya ada panitia buat ngasih petunjuk berikutnya.

sumpah, ini kejar-kejaran pisanlah dengan kelompok lain. pas di stasiun bandung, kami ketemu 3 kelompok dan masuk kereta yang sama. pas nyampe di stasiun cilenyi, keluar kereta langsung lari gitu menuju panitia, paduluan-duluan, seru pisanlah! mirip amazing race pisan. mirip bangeeet.

selain seru kejar-kejaran dan nebak petunjuk, banyak banget hikmah yang bisa diambil dari perjalanan panjang itu.

pertama, selama perjalanan kami menghapal QS. Al-Maidah : 54, dan subhanallah, setiap pemberhentian, atau nunggu sesuatu, kami selalu muraja'ah bareng, kerasa banget waktu tuh ga kebuang-buang dengan obrolan ga penting.

kedua, kami naik kereta ekonomi, dan melihat realita menyedihkan bangsa ini. astagfirullah, malu kalo selama ini masih bisa ngeluh, malu kalo masih merasa kurang. bahkan mira, sahabta saya, sampe nangis pas di kereta, ngeliat kondisi penumpang yang duh, bikin miris hati. trus ada sesi wawancara dengan masyarakat tentang palestina, yang bikin kami jungkir balik bingung mau mulai pembicaraan dari hal apa dan akhirnya memutuskan memulai wawancara dari kalimat " jatingaor panas yaaah, kayak di arab". haha

ketiga, perjalanan dari pintu unpad jatinangor ke kiara payung, entah berapa kilo, bener2 ukhuwah makin nyatuuu. ada yang rela ngebawain tas temennya yang udah ga sanggup lagi, saling nyemangatin, saling berbagi minum, saling ngerangkul. aaaaaah, indah bangeeeet. dan banyak hikmah-hikmah lainnya.

itu baru perjalanannya loh, belum daurahnya. dan kami sampai di lokasi melebihi deadline, sekitar 16.40. ga bakal selesai nyeritain isi daurahnya dalam satu posting, tapi saya ceritain sedikit hal yang bener2 bikin speechless.

ada satu hari kami harus bisa namatin 5 juz Quran perhari. dan ini bikin kami dimanpun, kapanpun, selalu ngaji. lagi duduk bentar, ngaji. ba'da sholat, ngaji. nunggu makan, ngaji. habis makan, ngaji. ga sempet ngobrol apapun. bahkan kami baru bisa nyelesain jam 2 pagi. baru bisa tidur.

kemudian games bola pejal yang kerasa banget esensinya. yang bikin kami, sampai detik ini ga pernah saling ngelupain, ga pernah lupa saling ngingetin, saling nyemangatin, saling sayang, saling mendoakan, sampai detik ini, insya Allah selamanya. ga tau kenapa games bola pejal di ddp beda dengan pas daurah lain. mengendap sampe ke lapisan hati terdalam.

muhasabah, materi, dan pematerinya pun total banget. pokoknya jazakallah buat panitia yang udah berhasil nanamin nilai-nilai rabbani. selamat berjuang buat angkatan 09 yang sekarang sedang mendaurah adik2 2011. semoga berkah :)

3 komentar:

  1. aamiin.. :') tak terlupakan dan sangat berkesan banget ya, ga, nit?

    BalasHapus
  2. iya banget :) the best sampe detik ini. pengen didaurah lagiii, disini asa jarang upgrading.

    BalasHapus
  3. sekarang mah giliran kita yang ngedaurah. #yakali #ngerasabelumpantes

    BalasHapus

friends