Senin, 26 Agustus 2013

PDL #1

Assalamu'alaikum hehe, Thank God I'm still alive.

Jumat lalu ketemu Apti, temen bareng ketika di bedah, kami lagi ke kampus buat ngambil surat tugas untuk belajar ke RSUD jejaring di Muara Enim.
Apti: Wow! Kalian masih hidup?!
Koas PDL: =______=
Gile pertanyaannya, se-zombie itukah penampakan kami? sedemikian rupakah PDL di mata para koas yang belum mengalami PDL? Selain itu, sabtu kemarin pas jaga, ketemu Kak Rudi senior PDL, beliau bilang "Lima minggu pertama itu yang penting kalian bertahan hidup, lima minggu berikutnya waktunya belajar untuk ujian."

Sesungguhnya kedua percakapan diatas bisa dibilang berlebihan ya, ga gitu juga sih. Memang, perubahannya terasa, soalnya kelompok kami dari stase radiologi yang minim gerak tetiba dihadapkan dengan stase yang bikin kami mesti dateng ke RS jam 04.30 pagi buat follow up pasien, perbedaan dengan stase sebelumnya adalah pemeriksaan yang dilakukan itu head to toe dan statusnya lebih panjang, jadi butuh waktu yang (jauh) lebih lama. Sesungguhnya kehectican hanya terjadi ketika jaga dan suasana di pagi hari, siangnya lumayan bisa duduk dan berinteraksi dengan pasien. How lucky I am, hari pertama, senin lalu langsung kebagian jaga bangsal. Ga gimana-gimana juga sih, cuma masuk 5 pasien baru yang mesti dianamnesis dan diperiksa head to toe untuk kemudian nulis statusnya, 3 orang pasien yang mesti difollow-up, itupun bukan follow up per jam, tapi ya gitu, baru bisa istirahat jam 02.00-03.30. Lumayan, alhamdulillah jaganya berdua per bangsal, jadi bisa bagi tugas. Inget dulu Teh Moi bilang, capeknya jaga itu terasa keesokan harinya, dan emang iya itu yang terjadi, di bedah pun kayak gitu. Sekitar jam 10an udah mulai mata sulit terbuka ketika udah ngedip. Kamu bisa nebak siapa yang jaga semalam dari penampakan orang-orang ketika siang harinya. Beda banget penampakan koas post jaga.

Nah, senin lalu mestinya pengarahan dengan salah satu konsulen, tapi beliau lagi ga ada, jadi ketemu beliau selasa di saat saya lagi ngantuk-ngantuknya, dan beliau berhasil bikin saya compos mentis, bahkan saya sampe menitikkan air mata gegara terharu dan ter'jleb' dengan pernyataan beliau. Subhanallah banget, enlightening moment banget sama beliau. Setiap ketemu konsulen (terutama di PDL) selalu bikin terhenyak denger pengarahan dan cerita pengalaman mereka, malu rasanya kalo ga totalitas ngejalanin kepaniteraan klinik, malu kalo belajarnya ga bener, malu kalo ngeluh, malu.

Waktu dirasa berharga banget karena aktivitas yang lumayan banyak dan di sisi lain banyak hal yang mesti dipelajari, kalo ga buat istirahat, ya mending dipake untuk belajar. Maka ketika ada sedikit waktu luang, mending tidur atau baca. Banyak hal yang didapet minggu lalu, tapi belum sempat diendapkan, dan sekarang tetiba udah di RSUD Muara Enim buat menimba ilmu disini bareng ofi, ica, dan rahmat, insya Allah selama dua minggu, dan disini ga sehectic di palembang yang mesti dateng subuh haha, nih buktinya masih bisa cerita. Semoga berkah segala ilmu dan hikmah yang didapet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends