Minggu, 05 Mei 2013

Litmin 5# (part two)

Bismillah.
Menurut saya, ujian kali ini lumayan menguji aqidah. Semua orang bilang kalo saya ngelakuin tugas suci yang dokter keren itu mau, PASTI saya aman, PASTI lulus, dan ga akan terjadi kejadian kayak senin siang kemarin (baca part one). See? Tipis, kan? Saya berusaha meyakinkan diri bahwa Allah-lah pemilik bumi dan seisinya, termasuk hati dokter keren itu. Tugas suci pertama berkaitan dengan Jeko (merk donat yang disamarkan) dan buav*ta apel. Wah pokoknya jangan sampe saya terbesit pikiran sedikitpun bahwa Jeko dan buav*ta apel-lah yang bikin hati dokter keren itu luluh. Kalaupun keesokan harinya hati mood beliau bagus dan ga mencari-cari kesalahan saya lagi, itu emang kehendak Allah, bukan karena Jeko dan buav*ta.

Udah aja, tetiba udah Selasa, 30 April 2013. Saya masih pake jilbab kayak biasa, cuma dimodif dikit, modifikasi yang ga bermakna, karena tetep nutupin dada. Pagi sekali saya udah poli cari pasien, karena dokter keren mau dateng pagi itu juga. Oke. Eh, pas ketemu residen asisten beliau syok jilbab saya masih sama kayak kemarin. Beliau bilang intinya dokter keren ga suka cara pake jilbab kayak gini, nanti saya bakal kena semprot lagi kayak kemarin kalo jilbab saya masih gini, tetiba mba residen itu manggil temennya yang muslim buat nge-make over jilbab saya. Oh NO! Saya berusaha ngeles dan berusaha modif sendiri, tapi saya udah diserbu beberapa residen. Hiks. Saya diem aja, tapi pas udahnya minta tolong mentemen yang cewe buat modif ulang supaya jilbabnya ga terlalu "mencekik".

Jam 9 saya udah dapet pasien, inisial pasien FN, laki-laki, 5 tahun, dengan diagnosis banding impetigo krustosa, impetigo bulosa, dan ektima. Berbeda dengan hari kemarinnya, saya disini ga sempet anamnesis, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang lain karena dokter keren tetiba udah dateng pas saya baru mau liat lesi pasiennya. DEG! Beliau langsung menghampiri pasien dengan profesional, emang keren bangetlah dokter ini, pendekatan ke pasiennya ciamik, terus seperti kemarin saya diminta jelasin efloresensinya. DAAAAAN SIKAP BELIAU BEDAAAA DENGAN HARI YANG LALU. Ketika saya jawab bener, saya dipuji, beneran dipuji. Terus pas saya jawab salah, malah dikasih tau dan dijelasin yang bener. Subhanallah haha, ini karena Allah, bukan karena Jeko dan buav*ta, saya terus meyakinkan diri. Udah selesai, beliau bilang "take care the patient" dan beliau nanya kapan saya mau ujian, saya jawab aja sesuai jadwal yaitu rabu, terus beliau bilang oke. Udah. Beliau pergi, saya langsung anamnesis sampai pemeriksaan penunjang dek FN itu.

Waktu berjalan sangat cepat. Sorenya saya melakukan tugas suci lain. Status ujian beres maghrib, tapi residen asisten mau ngoreksi status yang saya buat dulu via email dan beliau baru bales jam 21.00. Ya Allah, saya ketiduran dan bangun jam 02.00, Rabu 1 Mei. Buru-buru aja memperbaiki status ujian yang udah direvisi. Tapi saya ngerjainnya lebih lama lagi, karena menuurt saya status saya ini belum bagus, masih banyak salahnya, terutama status dermatologikusnya, dan belum lagi jam 06.30 harus udah stand by di bangsal karena ada visite seorang profesor pengajar yang mau liat pasien di bangsal syaraf bawah. berhubung ini perngalaman pertama visite dan pasti bakal banyak ilmunya juga jadi waktu 06.30 sampe 09.00 itu waktu saya ga efektif jadi status ujian saya belum beres juga. Ditambah saya masih memikirkan efloresensi yang tepat, soalnya lesinya ada di banyak regio dan lesinya beda-beda jadi harus dijelasin semuaaaaaa. Nulis nulis nulis, masih nulis efloresensinya di draft akhirnya beres jam 10.00, saya konsul lagi ke residen asisten dosen itu dan beliau beliau oke. Mulailah saya nyalin ke lembar status ujian yang fix. Tetiba ada telp dari dokter keren beliau mau nguji saya beberapa saat lagi. ASTAGFIRULLAH, belum beres doooooong. Intinya saya langsung buru-buru nyiapin ruangan dan tetek bengek ujian lainnya, sambil masih nulis haha, ga sempet lagi baca bahan yang udah saya print tentang diagnosis banding kasus saya, wah pokoknya hectic bangetlah. Alhamdulillah status ujian saya beres sebelum beliau datang, saya juga sempet sholat dzuhur dulu.

Beliau datang dan ujian dimulai. Semuanya berjalan baik, diskusi juga saya bisa jawab, beliau juga ga jarang mengapresiasi, namun segalanya berubah sejak negara api menyerang beliau baca status dermatologikus yang saya buat. SAYA SALAH! Astagfirullah, saya baru inget kalo dokter keren ini agak berbeda dengan penguji lain kalo masalah status dermatologikus, beneran lupaaa, Ya Allah. Saya akuin saya salah. Mungkin kalo sama dosen lain itu masih bener, tapi sama beliau itu salah besar. Inilah salah satu kekurangan di stase litmin, ga ada standar baku masalah efloresensi status dermatologikus. Saya cuma bisa istighfar aja dalam hati, mengapa saya bisa lupa hal yang sedemikian pentingnya. Langsung mood beliau berubah sejak itu, jawaban saya dicari-cari kesalahan, padahal sebenernya maksudnya sama, saya ngegambar lapisan kulit aja dianggap salah, padahal emang gituuuu. Huhuhu. Endingnya ga bagus bangetlah ujian lisan kali itu, ditutup dengan dramatis. Saya dikasih PR dan besok disuruh nyerahin PRnya. Okelah ga masalah.

Hari itu jadwal saya jaga dan lagi ada order dari konsulen buat para residen, masukin kartu undangan pernikahan salah satu anak konsulen ke plastik dan itu banyak banget. Residen yang dapet tugas, tapi koas juga dilibatkan. Dan ngerjain itu baru beres pukul 01.00, Kamis 2 Mei. Okelah gapapa, akhirnya saya ngerjain PR dari jam 01.00 sampe subuh, ga tidur dong, alahamdulillah selesai. Selesai subuh langsung kompres pasien ke PDL, buat list control, dan lembar follow up. Beres dan ada kegiatan ilmiah jam 08.00 semua harus ikut. Sumpah lemes banget hari itu soalnya beneran ga tidur.

Dokter keren juga ikut kegiatan ilmiah, terus beliau manggil saya buat melakukan tugas suci lainnya, sebelumnya beliau nanya PR saya udah belum, dan saya jawab udah, beliau bilang kasih aja ke residen asistennya. Oke. Pokoknya jam 11.00 saya udah free. Harusnya saya bisa koprol saat itu juga, tapi saya masih kepikiran ending ujian lisan yang kemarinnya, gimanalah nilai saya.

Waktu berjalan dengan cepat loh kamis-jumat-sabtu, tapi masih belum legowo karena itu tadi ending ujian lisan ga bagus. Nah terus saya belum minta tandatangan beliau di logbook. Alhamdulillah punya sesama teman pengemban tugas suci dokter keren, ada tiga orang, temasuk saya. Ada pijay dan feby. Kami senasib sepenanggungan, cuma mereka ini murid bimbingan referat dan kasus. Pas kami mau minta ttd dokter itu sekitar jam 10.00, dokternya nyuruh kami dateng ke tempat praktiknya setelah sholat, dan beliau langsung buru-buru pergi. Kami bingung, itu maksudnya sholat dzuhur, ashar, atau maghrib, bertanyalah kami ke residen asistennya, ternyata itu maksudnya maghrib, dan artinya kami harus bawa sesuatu, saran beliau adalah kami bawa Jeko selusin. Hahaha.

Kami bertiga berangkat ke tempat praktik dokter keren dan alhamdulillah mood beliau bagus. Pokoknya happy, dan kami pun dapet tandatangan dengan mudah, beliau juga ga ngasih wejangan ke kami, dan beliau ga sebel dengan saya, baiiiiik banget. Alhamdulillah. Saya lega.

Saya inget banget feby pernah bilang pas dia lagi hectic dengan tugas suci, di akhir stase ini dia mau makan Jeko sepuasnya haha sebagai wujud pelampiasan terhadap berbagai tugas suci dokter keren yang biasanya berkaitan dengan Jeko dan buav*ta. Saya juga kepikiran kayak gitu. Ending stase ini harus bahagia dan ditutup dengan Jeko dan buav*ta. Terus pulangnya saya beli buav*ta kotak kecil tapi mampir dulu ke bagian, ternyata mentemen yang jaga malam ini lagi pesta Jekooooo ahahahaha. Alhamdulillah kebagian juga satu. Alhamdulillah happy ending :)

Banyak banget pelajaran dan hikmah yang didapet di stase ini, semoga berkah. Alhamdulillah. Siap-siap lanjut ke stase bedah! Yeyeye! Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends