Sabtu, 11 Mei 2013

Kenapa tetiba udah hari sabtu lagi yak? Stase pagi di emergency udah selesai aja. Alhamdulillah ada hal-hal yang bisa dipelajari. Kalo pagi hingga siang, pasiennya ga terlalu banyak. Rerata pasien datang krn kecelakaan lalin, kecelakaan di rumah, luka tusuk, dll. Entah mengapa seringkali pasiennya dateng pas jam-jam mau pulang, sekitar jam 13.00an, jadi waktu pulangnya sering agak tergeser haha. Kalo pagi agak senggang waktunya, bisa izin sarapan dulu, bahkan bisa baca buku persiapan buat masuk divisi urologi.

Beda banget kalo jaga malam di IGD, banyak banget tindakan yg harus dilakuin. Sholat pun harus saling mengingatkan saking banyaknya kerjaan jadi sering lupa waktu. Adaaa aja yang harus dilakuin, mulai dari phlebotomi, pasang infus, injeksi inilah, injeksi itulah, hecting, cek vital sign, skin test. Full of action. Makan pun gantian, karena pasien datang silih berganti tiada henti.

Alhamdulillah udah dapet pengalaman semua yang disebut diatas. Sesungguhnya masih ada juga tindakan yg belum dilakuin, masang chest tube pada pasien tension pneumothorax karena ga ada pasien yg dateng dengan kondisi itu, pasang kateter baru liat aja, belum ngelakuin, belum nyoba Rectal Toucher juga.

Palemb*ng ini emang terkenal dgn luka tusuk atau luka bacok, tiada hari tanpa luka tusuk, apalagi kalo malam hari libur, insya Allah IGD ramai luka tusuk, dari anak-anak hingga kakek-kakek adaaa aja korban luka tusuk. Jadi lebih banyak pengalaman penanganan perdarahan sama jahit luka. Begitu. Emang palemb*ng ini bisa dibilang daerah rawan. Hmm, kesimpulannya butuh pendamping yang dapat melindungi... tapi ... hanya kepada Allah kita memohon perlindungan dan pertolongan. #gajadigalau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends