Minggu, 25 November 2012

Kebablasan

Saya punya kebiasaan jelek --> mengerjakan sesuatu di ambang deadline.
Saya menyebutnya kekuatan kortisol, mengerjakan sesuatu di bawah tekanan yang akan menginduksi sekresi kortisol sebagai hormon stres sehingga muncul semacam inspirasi, kejernihan pikiran, dan kekuatan extra.
Misal waktu final MKTQ, saya ngerjain PPT baru mulai J-8 alias 8 jam sebelum presentasi, saya mulai ngerjain pukul 01.00 dini hari. Ada yang lebih parah, waktu ngerjain essai untuk tiket 2nd HPEQ conference saya baru mulai ngerjain J-3, dengan kata lain 3 jam sebelum deadline. Alhamdulillah selesai 14 menit sebelum deadline. Terus dalam pengerjaan skripsi, biasanyanya saya janjian dulu sama dobing kapan ketemuaannya, sengaja saya atur jadwal dalam waktu dekat. Misal jam 05.00 saya sms dobing, menanyakan kapan bisa ketemu, menyanyakan langsung skak bisa ga hari itu juga ketemu, dan beliau jawab bisa ketemu jam 08.00, alhasil saya buru-buru ngerjain dari jam 5 itu sampe jam 07.55. Hahaha. Mungkin kalo dobing bilang jam 10, saya selesainya jam 9.50. Yaaa, dan contoh-contoh lainnya yang ga kala ngedeadline.
Mama saya sering gregetan kalo ngedenger saya lagi ngedeadline. Kata mama ga baik ngedeadline, harusnya kebiasaan ngedeadline itu diubah, karena kalo ngerjain sesuatu dalam ketergesaan nanti hasilnya ga optimal.
Iya juga, pernah saya mulai ga ngedeadline, misal waktu ngerjain kartul dan powerpoint buat presentasi mawapres, itu 3 hari sebelum presentasi udah beres, enak banget rasanya, tenang dan tentram, hasilnya juga lebih optimal. Baru itu kayaknya momen saya ga ngedeadline. Haha.

Meskipun saya sering banget ngedeadline, alhamdulillah ga pernah melebihi batas deadline, pernah sih, tapi masih ditoleransi sama panitianya. Haha. Maksudnya masih acceptable. Dan rekor itu pecah malam ini. Hari ini saya melewati deadline suatu karya, karena saya baru sadar kalo deadlinenya hari ini tuh tadi sore, selama ini saya menyangka deadlinenya 29 November. Astagfirullah. Ini akibat menunda-nunda.

Menunda pekerjaan itu capek, capek banget, tapi ga ada hasil. mending langsung kerjain apa yang bisa dikerjain sekarang, walaupun capek, tapi ada hasil. No more tunda-tunda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends