Minggu, 27 Oktober 2013

Ujian Penyakit Dalam (part 1)

Alhamdulillah ya Allah :')
sampai detik ini masih sering takjub bisa selesai dari penyakit dalam dengan senyum lebar. Alhamdulillah banget aaaaaak. Kemarin hari terakhir di RA semua orang cerah, bisa tertawa dengan riang, ceriaaa banget, suasananya menggembirakan (kecuali chief sih, ujian sama penguji malam, entahlah gimana nasibnya, puk puk). Pokoknya seneng banget, dan kami berulang-ulang melafadzkan hamdalah. Kalo kata Kak Franz, selesai melewati penyakit dalam itu artinya menjalani stase lain ibarat 'turun gunung'. Ya, karena di penyakit dalam itu puncak kehectican, kelelahan, dan tingkat stress yang paling tinggi. Pun kata Rizka, stase mayor lain ga terasa mayornya kalo dibandingkan dengan stase penyakit dalam.

Ketegangan ujian dimulai ketika nama-nama penguji keluar hari kamis minggu lalu, kami sebenernya udah ada prediksi siapa aja konsulen yang bakal turun jadi penguji, prediksi kami para konsulen malam ga bakal turun, secara kami cuma 22 orang. Namun ternyata Allah berkehendak lain (tsaelah drama), konsulen malam yang jadi penguji lebih banyak dibanding senior 5 minggu lalu. Deg, takikardilah kami. Hari ujian sebenernya cuma dari senin hingga kamis, dari keempat hari itu, paling mending ujian hari senin, karena mayoritas konsulen pengujinya bonam hehe, hari selasa ada konsulen malam, rabu juga, paling banyak sih kamis. Jadi kami berharap banget bisa ujian hari senin haha dan berdoa supaya ga dapet ujian hari kamis, naas banget pokoknya yang dapet kamis. Undi hari ujian dilakukan sabtu minggu lalu, kami menanti-nanti residen yang jadi PJ ujian kami, tapi beliau sibuk banget, hingga pukul 15.00 belum ada kepastian, pulanglah saya ke kosan, pokoknya udah pada tahap tawakal, saya udah doa Ya Allah terserah saya dapet ujian hari apapun, yang penting saya bisa. Pas saya nyampe kosan eh ada jarkom katanya bakal diundi hari saat itu juga, saya tadinya mau balik ke RS, tapi ga jadi, udah, pokoknya udah menyerahkan pada Allah. Dan....... jengjeng...... saya dapet undian ujian hari senin. Saya ga berhenti melafadzkan hamdalah sepanjang malem minggu itu haha, Yaa Allah bersyukur banget bisa ujian hari senin, konsulennya mayoritas bonam, dan saya udah ngebayangin hari senin itu tuntas ujian dan bisa 'liburan' dari selasa hingga minggu, ah indahnyaaaa, bisa beberes kosan dengan tenang, bisa nyuci dengan tenang, bisa nonton janggeum dengan tenang, bisa renang, bisa jalan-jalan, wah pokoknya agenda abis ujian udah jelas bangetlah hahaha.

Hari minggunya saya masih ada jadwal jaga di paru, dateng jaga kayak mau naik gunung, haha, segala buku dibawa, ceritanya mau belajar gitu wakaka. Antara excited ujian senin, tapi waswas juga ngerasa banyak yang belum dibaca. Beda dengan stase-stase sebelumnya, ujian di penyakit dalam ini lebih banyak menimbulkan gejala psikosomatis bagi para koas (halah), karena ujiannya itu kita ibarat ditantang jadi dokter beneran, kita datang pagi hari tanpa tahu penguji, tanpa tahu pasien, dan kita ngelakuin anamnesis A-Z hingga pemeriksaan fisik head to toe di depan penguji langsung. Selama ini kan ujiannya 'hanya' ujian status (kecuali di litmin emang ada beberapa konsulen yang ngeliat pasiennya juga sih), jadi ini ibarat OSCE yang sebenarnya, takikardinya pun berkali lipat dibanding kamu mau OSCE. Ujiannya pun butuh timses, karena waktunya biasanya hanya diberikan sedikit, tapi status yang mesti diisi ada 14 halaman, detail banget statusnyaa, dari riwayat penyakit keluarga, data pendidikan, variasi makanan, riwayatkebiasaan semuanya mesti ditanya, pemeriksaan fisiknya pun beneran dari ujung kepala hingga ujung kaki, kalo ngisi statusnya sendirian, niscaya ga bakal keburu.

Tibalah hari senin.... Masih follow up pasien, masih ikut lapjag, masih bisa dhuha... pukul 08.45 diundi penguji dan .... saya dapet pengujinya salah satu konsulen favorit saya dari awal yang sempet bikin saya menitikkan airmata terharu gegara quotes beliau yang..... subhanallah, bikin sadar kalo ladang amal jadi koas itu besaaaaaaaar banget, yang penting ikhlas dan beneran belajar supaya jadi dokter yang kompeten :')
Langsung aja saya menghubungi penguji 2 alias residen yang memilihkan pasien, dapet pasien jam 09.00 dan harus selesai statusnya pukul 10.30, ujiannya jam 11.00. Skip skip skip alhamdulillah beres bikin status dengan ketergesaan haha sebelum jam 11.00. Menanti penguji ga dateng-dateng hingga jam 13.00, dan ternyata beliau ga bisa nguji hari itu, ditundalah ujian saya besoknya, fyuh alhamdulillah, bisa ada waktu buat belajar lagi hahaha.

Nb. nyuci dulu, ntar lanjut lagi gimana ceritanya ujian ini bisa nyambung hingga sabtu hahaha.

2 komentar:

  1. ya ampun niiit haha keren. bodor bacanya berasa lagi diceritain secara live. skr stase apa?

    BalasHapus

friends