Selasa, 20 Januari 2015

Serba Serbi Kompre

Alhamdulillah udah selesai ujian komprehensif hehehe.

OSCE sabtu lalu, saya sejalur dengan Rika, Githa, Dilla, Pietra, Ofi, Taufik. Khanmaen warbiyasak. Standarnya tinggiiiiii hahahaha. Yowes aku rapopo, jadi malah makin excited untuk all out. Station pertama saya station jiwa. Satu menit baca soal, oke, ini soal depresi. Ini perdana banget simulasi OSCE persis UKDI, artinya station ini juga perdana. Bener aja, saya belum bisa mengestimasi penggunaan waktu 15 menit dengan baik, kelamaan (atau terlalu asik?) di anamnesis, pas mau mulai edukasi eh taunya tanda sisa waktu tinggal 3 menit udah bunyi, hahahahaha. Oke gapapa. Station berikutnya, penyakit dalam, dari soal udah jelas DM. Nah, ini udah lumayan bisa atur waktu. Pas. Anamnesis yang penting adekuat sama akurat, yang essensialnya mesti dapet. Langsung pemeriksaan fisik head to toe tapi ditekankan di hal yang penting untuk DD sindroma metabolik. Jadi bagian edukasi bisa lama, alhamdulillah semuanya tersampaikan, bahkan masih sempat refleksi isi ke pasien hehe. Station ketiga RJP AHA 2010 hahaha, pas baca soal udah langsung kebayang mau ngapain aja, udah berurutan bangetlah pokoknya. Cek kesadaran pasien, panggil bantuan, cek karotis, pulseless, langsung kompresi dada plus ventilasi 30:2, sampe skema yang ventilasi 12 per menit. Ketika udah selesai baru nyadar saya melupakan hal penting, saya lupa cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pertolongan dooooooooooooong, astagfirullah. Yaudahlah, ngga boleh lupa lagi pokoknya. Nafsu banget mau nolong orang sampe lupa cuci tangan dan lupa pake handschoen -____-
Station berikutnya station mata, alhamdulillah pas juga atur waktunya, anamnesis, PF, cek visus, edukasi bisa sampe tuntas. Eh pas di akhir refleksi isi kan saya nanya. "Ada hal yang ingin ditanyakan, Pak?" Si kakak probandusnya nanya, "Rumah dokter dimana?" Terus saya bingung. Langsung penguji saya marahin sang probandus sambil bilang, "Kamu jangan nanya yang macem-macem ya, jangan bertingkah yang aneh-aneh ya, dia ini lagi ujian, kamu itu pasien. Kamu saya keluarin kalo kamu gitu lagi!" Alhamdulillah waktu tinggal dikit, jadi langsung pindah station berikutnyaaa, fiuh. Station selajutnya kulit tinea intertriginosa, sempet khawatir juga kalo ada pemeriksaan gram haha, tapi alhamdulilah ternyata pemeriksaan KOH aja haha, dan yang terakhir bedah BPH. Alhamdulillah beneran berusaha seoptimal mungkin dan menempatkan diri sebagai dokter professional hehe. Station pertama sih yang failed atur waktu, di station lain emang belum sempurna sih, tapi udah tau kekurangan saya apa, nyadarnya pas udah selesai, ngga apa2, insya Allah bermanfaat buat UKDI beneran ntar. CBT miriplah sama soal TO, tapi kenapa soal parasit dan pemeriksaan mikroskopnya lebih banyaaak? ahahahaha. Alhamdulillah udah dilewati. Semoga hasilnya baik. 

Saya juga mau cerita tentang proses persiapannya. Lucu. 
Saya punya temen yang kalo mau ujian selalu berkoar-koar bilang "Aku belum belajar! Aku belum belajar! Gimana iniii? Huhuhuhu." Semacam delusi menetap, ditambah asosiasi longgar, setiap obrolan selalu disambungin ke materi, dan mungkin di rumah ada yang bergejala bicara sendiri juga. Hahaha maaf. Herannya, ini terjadi bukan pada satu orang aja, tapi beberapa, atau mungkin hampir semua (?). Anehnya, kalo lagi tanya jawab, mereka bisa bisa aja tuh hahaha. Jadi ngga perlu dipercayalah definisi belum belajarnya iu apa, mungkin maksudnya belum paham full page textbook, mungkin, saya ngga ngerti juga maksud mereka belum belajar itu gimana.

Saya: Udah baca tentang tatalaksana hipertensi belum?
Temen: Beluuuuum huhuhu.
Saya: Kalo pasien hipertensi, tapi ada DM, sama ada CKD, pilihannya ACE-inhibitor, kan?
Temen: Iyaaaa *terus ngejelasin panjang lebar tentang JNC 8 dengan lengkap dan jelas*

Saya sih seneng2 aja dijelasin gitu, cuma sempet bergumam dalam hati "Bukannya tadi kamu bilang belum belajar ya?" hahaha yasudahlah ngga usah dibahas masalah belum belajarnya. Kalo gumaman dalam hati itu saya utarakan langsung, nanti akan timbul percakapan yang begini...
Saya: Bukannya tadi kamu bilang belum belajar ya?
Temen: Emang beluuuuum, huhuhu, gimanaaa?
Saya: Lah, itu tau.
Temen: Belum belajar tentang yang blablabla
Saya: Oh. Hehehe -_______-


Sepanjang perjalanan pendidikan disini saya termasuk tipe orang yang kalo kata Hafiz ketika dia ujian Penyakit Dalam, "Pinter ngga, rajin ngga, cuma berharap keberuntungan 100% :)", betapa titik dua kurung tutup yang penuh makna. Kalo saya bilang belum belajar, itu artinya ya emang belum belajar secara denotatif dan hakiki. Kalo udah baca, ya saya bilang aja udah baca. Belajar mau-mau aja, tapi ya kalo capek istirahat. Belajarnya 30 menit, istirahatnya 2 jam #failed. Bahkan kalo lagi belajar bareng, terus saya bosen atau capek, yaudah numpang tiduran dulu di kamar Kiky, sementara yang lain masih bahas soal atau materi. Ada dong kelompok belajar temen yang belajar dari jam 8 sampe jam 17 di mushola kampus, waktu forensik saya sempet gabung sama mereka, tapi ternyata saya ngga sanggup hahaha, ngga cocoklah dengan sistem yang gitu.

Akhirnya dengan beberapa sahabat bikin kelompok belajar sendiri dengan sistem yang lebih enak (?). Setiap minggu dibagi jadi dua sesi, CBT dan OSCE. Untuk CBT, pagi ngerjain satu paket soal di kosan masing-masing, ba'da dzuhur tidur siang, jam 14 baru bahas bareng sampe selesai, break sholat ashar, biasanya maghrib udah bisa selesai, tapi pernah juga sampe jam 21 karena suatu hal. Pulang, tidur. Untuk OSCE, kemarin sempet pake sistem pembahasan dulu, semacam pengayaan, tapi ternyata lebih enak langsung simulasi, ada yang jadi dokter, ada yang jadi penguji sekaligus pasien, nanti gantian. Dibuat 6 station dengan waktu 15 menit per station. Di akhir, ada evaluasi untuk masing-masing orang, masih kurangnya di bagian mana. Alhamdulillah sangat membantu untuk saya yang tipe pembelajar visual dan auditorik. Belajar banyak ketika simulasi jadi penguji OSCE dan denger pembahasan CBT hahahaha.

Demikianlah. Rabbi zidni 'ilman warzuqni fahman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

friends